:: Review Tugas Manajemen
Posted on 01.40 | By yusup.1a113034 | In Info-Perkuliahan
- Jelaskan yang dimaksud dengan pengembangan organisasi ?
- Bagaimana cara pengarahan pengembangan organisasi dikaitkan dengan komunikasi dan berikan contoh ?
- Jelaskan gambaran umum manajemen ?
- Uraikan proses perencanaan dalam perusahaan ?
- Ada berapa tipe-tipe keputusan yang dapat diambil?
- Uraikan tentang organisasi dan berikan 1 contohnya ?
- Bagaimana caranya karyawan bawahan dilibatkan dalam proses bengambilan keputusan ?
- Jelaskan arti dari wewenang, delegasi dan kekuasaan ?
- Jelaskan arti motivasi dalam pengarahan dan pengembangan organisasi ?
- Jelaskan tentang evolusi teori manajemen ?
- Uraikan proses penyusunan personalia ?
- Jelaskan pengertian koordinasi yang efektif dalam organisasi ?
- Apa yang terjadi bila koordinasi tidak tercapai secara efektif ?
- Apa yang terjadi bila seorang direktur tidak bias menguasai bawahannnya dalam pencpaian tujuan organisasi ?
- Uraikan yang anda ketahui tentang seorang direktur yang mengelola manajemen dengan baik ?
Penyelesaian
1. Alat yang digunakan demi pencapain suatu tujuan organisasi dan merupakan alat bagi pengelompokan kerjasama dalam suatu organisasi.
2. Pengembangan organisasi dikaitkan dengan komunikasi merupakan suatu cara atau kemampuan seorang atasan dalam menyampaikan maksud-maksud dari tujuan organisasi yang dijalankan.Contoh : komunikasi yang terjadi antara seorang direktur dengan bawahannya.
3. Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
4. Perencanaan pemasaran didasarkan pada pasar, pelangan, dan produk / layamam, perencanaan bisinis melibatkan sumber daya perusahaan lain yang akan terkait dengan pasar yang telah teridentifikasi.
5. Tipe-tipe keputusan :
· Keputusan-keputusan yang di program (programmed decisions) adalah satu keputusan yang dibuat menurut kebiasaan, aturan dan prosedur.keputusan ini rutin dan dilakukan berulang-ulang.
· Keputusan-keputusan yang tidak di program (non-programmed decisions)adalah suatu keputusan yang berkenan dengan masalah-masalah khusus , khas dan tidak terbiasa.
· Keputusan-keputusan dengan kepastian , resiko dan ketidak pastian, dimana pembuatan keputusannya untuk masa depan atau masa yang akan datang.
6. Organisasi : alat bagi pencapain tujuan dan alat bagi pengelompokan kerja sama contoh : perusahaan
7. Seorang karyawan bawahan dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan adalah dengan diikut sertakan dalam musyawarah pengambilan keputusan.
8. Wewenang : hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Penggunaan wewenang secara bijaksana merupakan faktor kritis bagi efektevitas organisasi.
· Kakuasaan : kemampuan seseorang dalam mengendalikan bawahan.
· Delegasi : proses yang diikuti oleh seorang manajer dalam pembagian kerja yang ditimpakan padanya, sehingga ia dapat memperoleh orang-orang lain untuk membantu pekerjaan yang tidak dapat ia kerjakan.
9. Motivasi merupakan bentuk dukungan yang terdapat dalam diri perorangan yang dijadikan sebagai acuan untuk menjadi lebih baik dalam usaha-usaha pengembangan organisasi.
10. Evolusi teori manajemen :
· Teori Manajemen Ilmiah / Klasik : Pentingnya peran manajer, pemanfaatan dan pengangkatan tenaga kerja, tanggung jawab kesejahteraan karyawan.
· Teori Organisasi Klasik.
· Teori Hubungan Antar Manusia (1930 – 1950) : Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan psikologis terhadap bawahan.
· Teori behavioral science : Meneliti dinamika kelompok dalam organisasi.Teori behavioral science ditandai dengan pandangan baru mengenai perilaku orang per orang, perilaku kelompok sosial dan perilaku organisasi.
· Teori aliran kuantitatif : Alat bantu yang sering digunakan dalam metode ini adalah motede statistik dan komputerisasi untuk melihat kemungkinan dan peluang sebagai informasi yang dibutuhkan pihak manajemen.
· Manajemen ilmiah memperhatikan dari prinsip - prinsip pembagian kerja.
11. Proses penyusunan personalia :
· Perencanaan sumber daya manusia
· Penarikancalon-calon personalia
· Seleksicalon-calon personalia.
· Pengenalan dan orientasi
· Latihan dan pengembangan
12. Koordinasi yang efektif dalam organisai merupakan langlah yang harus dilakukan seorang atasan untuk memberikan perintah / pengarahan kepada bawahannya.
13. Jika koordinasi tidak tercapai dengan baik maka tujuan dari organisasi tersebut tidak akan tercapai dengan baik pula.
14. Bila seorang direktur tidak bisa menguasai bawahannya maka organisasi tersebut tidak akan mencapai tujuan dari organisasi tersebut.
15. Seorang direktur yang mengelola manajemen dengan baik:
· Mampu mengkoordinasi bawahan dengan baik
· Mampu berkomunikasi dengan baik kepada bawahan.
· Mampu menguasai bawahan dengan baik
Comments (0)
Posting Komentar