:: Tugas 1 Organisasi dan Metode (O&M) 1
Posted on 04.57 | By yusup.1a113034 | In Info-Perkuliahan
Organisasi dan Metode
1. The Six M’s in Management ( 6 M Dalam Sebuah Manajemen ).
Dalam sebuah manajemen ada beberapa sumber manajemen yang harus diperhatikan, agar suatu system manajemen berjalan dengan optimal, diantaranya :
§ Manusia atau Tenaga Kerja (Manpower).
§ Uang atau Dana (Money).
§ Bahan-Bahan atau Material (Materials).
§ Mesin dan Peralatan (Machines and Equipment).
§ Tata Kerja (Methods).
§ Pasar (Market).
2. Alasan Market dan Methods Tidak Termasuk Dalam Sumber – Sumber Manajemen.
Alasan mengapa dalam hal ini Market dan Methods, tidak termasuk dalam salah satu sumber – sumber dari sebuah manajemen karena :
§ Methods itu sendiri hanyalah merupakan cara untuk melakukan suatu kegiatan dalam hal yang berhubungan dengan segala tindakan manajemen.
§ Sedangkan Market merupakan wahana tempat melakukan / memperluas sasaran kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya.
3. Pengertian Efisien dan Efektif .
Dalam hal pengerjaan sebuah system manajemen, agar tercapai apa yang telah direncanakan maka apa yang dilakukan harus se-efisien dan se-efektif mungkin.
§ Efisien merupakan perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan dalam penggunaan sumber-sumber & waktu (input). Yang berarti dalam hal perjalanannya dapat melaksanakan fungsi – fungsi manajemen sesuai dengan yang diharapkan, yang menjadi acuan suatu system manajemen itu berjalan dengan tepat.
§ Sedangkan Efektif merupakan salah satu syarat dalam mengukur suatu system manajemen itu berjalan Efisien. Yang dapat ditunjukan dengan berjalannya suatu Kegiatan yang telah dilaksanakan dengan tepat dalam arti target tercapai sesuai waktu yang ditetapkan tanpa mengabaikan kualitas.
4. Kegiatan – Kegiatan Yang Termasuk Dalam Scope Organisasi dan Metode.
Diantara sekian banyak kegiatan dalam hal manajemen, ada beberapa kegiatan yang termasuk dalam scope Organisasi dan Metode :
§ Anailisis organisasi
§ Komunikasi dalam organisasi
§ Tata kerja, prosedur dan system kerja
§ Pentingnya filling
§ Penyimpanan data & dokumen
§ Formulir
§ Pendayagunaan mesin kantor & peralatan
§ Penyusunan tata ruang & perencanaannya
§ Penulisan laporan
§ Penyusunan buku pedoman kerja
§ Penyusunan Anggaran belanja
§ Analisis kepegawaian
Comments (0)
Posting Komentar