:: Tugas 5 (O&M) Penyalahgunaan Data

Posted on 06.37 | By yusup.1a113034 | In

1. CARA – CARA PENYUSUNAN WARKAT

Tahap Permulaan

§ Memilih, mengumpulkan dan menentukan topik.

§ Memperdalam wawasan / intelektual berhubungan apa yang akan dikembangkan / diperluas.

Tahap Penulisan

§ Dengan Sistem Wilayah merupakan menyimpanan berdasarkan daerah/wilayah surat yang diterima.

§ Sistem penomoran merupakan pemberian nomor yang terdapat pada folder.

§ Dengan mengembangkan makalah untuk dijadikan makalah.

§ Dengan Sistem tanggal merupakan penyimpanan surat berdasarkan tanggal, hari, bulan / tahun tanggal dijadikan, yaitu kapan pembelian itu dikeluarkan.

§ Untuk warkat jenis wesel, cek, surat pembelian atau order bisa disusun dengan cara sistem nomor yaitu dengan melihat nomor cek, wesel ata surat pembelian yang ada, disusun dari nomor yang terkecil sampai yang terbesar atau bisa sebaliknya.

§ Dengan Filling sistem suatu rangkaian kerja akan teratur agar dapat dijadikan untuk penyimpanan arsip sehingga saat diperlukan arsip tersebut dapat dan tepat ditemukan.



Tahap Revisi

§ Pemeriksaan terhadap isi dan penggunaan kata, kalimat, ejaan, serta tanda baca.

2. PENARUHAN / PENYUSUAN JENIS WARKAT WESEL DAN CEK, SURAT PEMBELIAN

Pada warkat jenis cek, wesel, surat pembelian disusun / ditaruh dengan cara menggunakan sistem nomor, dengan melihat nomor cek, wesel atau surat pembelian yang ada, disusunlah dari nomor yang terkecil hingga yang terbesar atau bisa sebaliknya. Bisa juga dengan sistem wilayah, dari dan dimana surat pembelian dikeluarkan.Atau bisa dengan sistem tanggal yaitu kapan wesel, cek dan surat pembelian itu di keluarkan seperti system wilayah diatas.

3. RECORD RETENTION SCHEDULE

Record retention schedule adalah suatu kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam rangka proses manajemen, yaitu yang berhubungan dengan penggolongan, pemilihan, distribusi, maupun disposisi dari record untuk menentukan records yang mana yang perlu tetap disimpan untuk selama-lamanya serta jenis-jenis records yang mana dan yang dalam jangka waktu berapa lama pula perlu dimusnahkan karena sudah tidak diperlukan lagi.

Records terbagi menjadi 4 golongan, yaitu :

§ Records yang tidak penting (non essential)

§ Records yang tidak dimanfaatkan

§ Records yang penting

§ Records yang sangat penting.

4. TABULATING

Tabulating yaitu memasukkan data-data yang sudah dikelompokkan ke dalam tabel-tabel hingga mudah dipahami. Tabulating sendiri mengumpulkan data dan fakta, sesuai dengan cakupan bidang masing-masing menjadi daftar atau tabel sehingga tidak terjadi pengulangan kalimat dan kata dalam data yang dimasukkan.


Comments (0)

Posting Komentar